Label

Kamis, 11 Oktober 2012

Manfaat Senyawa Hidrokarbon Dalam Kehidupan Manusia

Manfaat Senyawa Hidrokarbon Dalam Kehidupan Manusia -LPG merupakan gas alam dengan jumlah atom C = 3 dan C = 4 yang dipakai sebagai bahan bakar kompor gas. LPG merupakan gas alam yang dicairkan pada tekanan tinggi.

Beberapa contoh manfaat senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari antara lain: naftalena atau kapur barus dipakai untuk menghindarkan pakaian dari serangga dan memberikan bau harum, lilin dipakai sebagai penerangan, vaselin dan oli dipakai sebagai pelumas mesin agar mesin awet.


Beberapa pakaian yang kita pakai sebagian ada yang berasal dari senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang diproses melalui polimerisasi, misalnya tetoron, nilon, dan poliester yang lain. Bahkan plastik dan beberapa jenis bahan pembungkus terbuat dari polimerisasi senyawa hidrokarbon tidak jenuh, misalnya plastik kantong, botol-botol plastik, teflon, pralon, dan sebagainya.

Manfaat hidrokarbon lebih luas lagi adalah benzena yang digunakan sebagai starting point (senyawa awal) untuk beberapa turunan yang diperlukan dalam memproduksi serangkaian produk yang digunakan sehari-hari. Paduan benzena dengan etilen digunakan untuk memproduksi stilena, bahan pembuat polistirena.

Benzena juga digunakan untuk memproduksi sikloheksana, bahan baku dari caprolactam, yang digunakan dalam pembuatan nilon. Bahan komoditi kimia yang terkenal seperti polistirena dan nilon tersebut kemudian digunakan dalam pembuatan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti cat, pakaian, casing computer, serta berbagai jenis pembungkus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar